Cara Bermain Harvest Moon: Back to Nature

Harvest Moon: Back to Nature adalah sebuah permainan video game yang berisi tentang simulasi perkebunan. Merupakan salah satu seri permainan video-game Harvest Moon, yang juga merupakan satu-satunya seri Harvest Moon untuk Playstation. Game ini dikembangkan oleh Victor Interactive Software Dan Natsume, dan didistribusikan ulang oleh PALAPA (Versi Bahasa Indonesia). Nah, kali ini gue akan ngasih info Cara Bermain Harvest Moon: Back to Nature. Langsung aja ga usah basa-basi.
  1. Emulator (disini saya menggunakan jenis ePSXe) >>Disini atau Ini (hilangkan centang pada "Use our download manager and get recommended downloads")
  2. ISO HM: BtN (1 file yang mencakup seluruh isi game HM: BtN)
  • Versi orisinil (bahasa Inggris) Ini pilih 'SLOW DOWNLOAD' (31Mb) atau Disini (24Mb) (hilangkan centang pada "Use our download manager and get recommended downloads") 
  • Versi bahasa Indonesia = Bahasa Indonesia

*!PENTING! (untuk pengaturan emulator)*
  • Ekstrak emulator, buka aplikasi 'ePSXe.exe'.
  • Klik 'Run' > 'Enable Logs' (beri tanda centang).
  • Klik 'Config' > 'Wizard Guide', klik 'Config >>'.
  • Pilih BIOS yang kamu inginkan (saya sarankan pakai yang 'SCPH1001 - USA'), klik 'Next >>'.
  • Pilih GPU (Video Plugin) yang kamu inginkan (saya sarankan pakai yang 'P.E.Op.S. Soft Driver 1.17'), klik 'Config'. Beri tanda pada 'Fullscreen mode' bila ingin tampilan layar penuh; atau beri tanda pada 'Window mode' bila ingin tampilan layar berupa windows (untuk ukuran ideal 'Window mode', saya sarankan atur size-nya menjadi 800x600). Pada panel 'Stretching', pastikan pilih 'Stretch to full window size'. Untuk 'Framerate', beri tanda centang pada 'Use FPS limit' dan beri tanda pada 'FPS limit (10-200) FPS' (angka default-nya adalah 65-70 FPS, kalau lebih dari itu maka kecepatan/laju game akan menjadi lebih cepat; begitu pula sebaliknya). Kalau PC-mu terpasang VGA, itu bisa digunakan untuk lebih menyempurnakan grafik game-mu; caranya lihat disebelah kiri atas, terdapat tombol 'Select device...', klik itu, bakal ada panel (default-nya 'Primary Display Driver'), gantilah dengan memilih VGA yang telah terpasang dan terinstall di PC-mu, klik OK, klik OK lagi, klik 'Next >>'.
  • Pilih SPU (Sound Plugin) yang kamu inginkan (saya sarankan pakai yang 'Eternal SPU Plugin 1.50', klik 'Next >>'.
  • Pilih CD-Rom Plugin yang kamu inginkan (pilih yang mana saja, semuanya bagus), klik 'Next' >>'.
  • klik 'Controller 1'. Bila kamu sudah memiliki USB Controller, atur saja sesuai dengan tombol yang tersedia dengan cara klik NAMA tombolnya, lalu tekan tombol pada USB Controller sesuai dengan yang disediakan (bila USB Controller yang dipakai memiliki Dual Shock/analog, klik Panel yang terdapat di sebelah kanan atas jendela, lalu pilih'Digital/Analog (F5)' yang mana ePSXe memperbolehkan dalam penggunaan analog getar), klik OK. Bila ingin mengatur stick untuk Player 2, klik 'Controller 2' dan lakukan langkah-langkah seperti tersebut diatas, klik 'Next >>'.
  • Emulator sudah bisa digunakan, namun ada 1 hal yang ketinggalan yaitu penggunaan file 'Memory Card' belum disetting. ePSXe memperbolehkan kamu mengatur penggunaan 'Memory Card' sesuka kamu. Caranya: 'Config' > 'Memory Card'. Untuk mengatur 'Memory Card 1'/'Memory Card 2', klik 'Select' lalu cari dan pilih 'Memory Card' mana yang ingin kamu gunakan, klik OK. Kamu juga bisa menghapus/mengkopi isi 'Memory Card' (bahkan juga bisa menggandakan 'Memory Card' itu sendiri). Caranya: Pergilah ke folder tempat ikon ePSXe berada, cari folder 'memcards'. Disana kamu akan menemukan banyak file 'Memory Card' (kamu bisa menggandakannya sebanyak yang kamu mau). Untuk menghapus/mengkopi isi 'Memory Card', jalankan program 'MemManager' (saya rasa tidak perlu menjelaskannya karena untuk mengaturnya sangat simpel dan mudah dimengerti).

*Cara bermain*
  • Ekstrak file ISO HM: BtN, pastikan format file berupa .ISO dan size-nya sebesar 200-an MB.
  • Jika emulator sudah disetting seperti yang sudah dijelaskan diatas, maka langsung saja klik 'File' > 'Run ISO', lalu pilih file ISO yang sudah di ekstrak tadi. Jika tidak mempunyai file ISO, bisa juga menggunakan CD-Rom HM: BtN yang kamu punya; taruhlah CD-Rom tersebut pada CD-Drive lalu klik 'File' > 'Run CDROM'. Tunggulah sebentar sampai muncul logo "NATSUME" dan akhirnya, selamat bermain...

*Tips dalam penggunaan emulator ePSXe*
  • Kamu bisa 'save/load' game kamu tanpa harus menggunakan fasilitas 'Memory Card' yang mana disini disebut 'Save State/Load State'. Jika kamu ingin meng-'save' ditengah game, cukup tekan tombol 'F1' maka secara otomatis game akan menyimpan data. Untuk meng-'load' cukup tekan tombol 'F3' maka game akan kembali pada saat kamu terakhir kali meng-'save'. Terdapat 5 buah 'Save State/Load State' untuk setiap judul game, untuk mengganti slot 'Save State/Load State' satu dengan yang lainnya, tekan tombol 'F2'.
  • Jika kamu ingin membuat 'screenshot' atau gambar dari event/suatu hal yang terdapat pada game yang sedang kamu mainkan, cukup tekan tombol 'Print Screen Sys Rq' (terdapat di sebelah kiri tombol 'Scroll Lock' atau di sebelah atas tombol 'Insert' pada keyboard komputer kamu). Setelah itu, keluar dari ePSXe (tidak perlu di 'close'), buka software ' Microsoft Paint' (saya tidak perlu memberitahu letaknya dimana), di dalam 'Paint' lalu kamu klik 'Edit' > 'Paste (atau bisa juga di dalam 'Paint' tekan tombol 'Ctrl+V') maka gambar dari game yang kamu mainkan tadi akan muncul (sekarang kamu tinggal mengeditnya, menghilangkan gambar-gambar yang tidak perlu, lalu 'save' gambar yang sudah kamu edit).
Powered by Blogger.
Back To Top